Inilah Beberapa Manfaat Buah Kurma Bagi Ibu Hamil

Ketika seorang wanita yang sedang dalam masa hamil akan memerlukan banyak sekali asupan nutrisi buat perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya maupun bagi si Ibu itu sendiri.  Asupan nutrisi bisa didapat dari banyak sumber yang tentunya terjamin kesehatan dan kebersihannya, salah satu nya adalah berasal dari buah-buahan. Termasuk diantaranya disini adalah buah Kurma, ya siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, bisanya akan muncul dan membanjiri pasar ketika masa bulan Ramadhan, sudah tahukan anda bahwa buah yang satu ini banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita teruma bagi Ibu yang lagi hamil?. dibawah ini adalah penjelasannya.

Inilah Beberapa Manfaat Buah Kurma Bagi Ibu Hamil
Inilah Beberapa Manfaat Buah Kurma Bagi Ibu Hamil

Buah Kurma Disukai Oleh Nabi Muhammad SAW

Buah kurma atau bahasa latinnya adalah Phoenix dactylifera,merupakan salah satu buah kegemaran Rasulullah saw. Di dalam buah kurma banyak mengandung manfaat, mengandung tidak mengandung gula berbahaya. Dan khusus bagi ibu hamil, buah kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat memperlancar proses persalinan serta membantu dalam proses mengecilkan perut.

Rasullulah SAW bersabda :
“Berilah makan buah kurma kepada isteri-isteri kamu yang hamil, karena jika sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, niscaya anak yang bakal dilahirkan itu menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas pemikiran"

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

Mengecilkan rahim.

Kurma mengandung potuchsin yang memiliki khasiat untuk mengecilkan pembuluh darah dalam rahim sehingga dengan begitu rahim dapat mengecil seusai persalinan seklaigus mencegah pendarahan rahim.

Memperlancar produksi ASI.

Dikarenakan kandungan zat besi dan kalsium yang tinggi dalam buah kurma, maka ibu yang sedang menyusui dianjurkan mengkonsumsunya supaya ASI-nya lancar.

Memulihkan tenaga setelah proses persalinan.

Di dalam sebutir kurma terdapat protein 1,8-2 %, serat 2-4 %, glukosa 50-57 %, dengan begitu apabila ibu yang telah melakukan persalinan memakan buah kurma, tenaganya dapat kembali dalam waktu singkat. Selain itu kandungan gula dalam kurma adalah salah satu jenisglukosa yang mudah diserap tubuh maka buah kurma tidak berakibat buruk bagi penderita diabetes.
Buah kurma tidak mengandung kolestrol, jadi sudah pasti sangat baik untuk kesehatan tubuh

Melancarkan buang air besar.

Setelah persalinan normal, ibu disarankan tidak mengedan saat buang air besar supaya jahitannya tidak robek. Untuk itu kandungan vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin, kalium dan serat dalam jumlah yang dapat andal dalam kurma, membantu mempermudah buang air besar.

Semoga bermanfaat.



Inilah Beberapa Manfaat Buah Kurma Bagi Ibu Hamil Inilah Beberapa Manfaat Buah Kurma Bagi Ibu Hamil Reviewed by antoncabon on 04.32 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.